Selasa, 30 Oktober 2012

KARANGAN NON ILMIAH (pengertian, macam, ciri)



PENGERTIAN

·        Merupakan karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

·        Karangan yang bersifat subjektif dan tidak didukung oleh fakta umum.

·        Karangan yang menggunakan gaya bahasa yang popular, konkret atau abstrak, dan tidak formal atau bahasa yang biasa digunakan.

·        Merupakan karya tulis yang memuat praduga, emosi, prasangka, dan perasaan.


CIRI-CIRI KARANGAN NON ILMIAH

  1. Bersifat persuasif, berisi kayakinan-keyakinan penulis yang mendorong pembaca untuk mengubah pendapatnya melalui ajakan, padahal keyakinan itu sendiri tidak ilmiah.

  1. Bersifat emotif, yaitu kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi.

  1. Bersifat deskriptif, yaitu berisikan pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.

  1. Menyajikan fakta pribadi yang sifatnya subjektif. Tidak mengemukakan aplikasi hukum alam yang berlaku pada situasi yang spesifik. Usulan-usulan berupa terkaan-terkaan dan mengharapkan efek seperti yang dikehendaki penulis.

  1. Kadang-kadang kata-kata yang dimuat sukar dikenali, dan alasan-alasan yang dikemukakan mendorong atau mengajak pembaca untuk menarik kesimpulan seperti yang dikehendaki penulis.

  1. Pandangan-pandangan penulis tidak didukung oleh fakta umum, dan memancing pertanyaan-pertanyaan yang bernada keraguan.

  1. Topiknya dapat bervariasi tetapi semua informasi diperoleh dari apa yang dipikirkan seseorang.

  1. Umumnya berisi usulan-usulan yang argumentatif. Oleh karena karangan-karangan itu ditulis berdasarkan fakta pribadi, maka fakta itu tidak mungkin berbicara sendiri.




MACAM-MACAM KARANGAN NON-ILMIAH

·        Cerpen : Suatu bentuk prosa naratif fiktif. Sebuah karangan yang menceritakan tentang suatu alur cerita yang memiliki tokoh cerita dan situasi cerita terbatas.

·        Dongeng : Suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup.

·        Novel : Bentuk sastra yang paling popular di dunia. Yang merupakan karya sastra yang mempunyai unsure intrinsik dan ekstrinsik yang keduanya saling berhubungan.

·        Drama : Suatu aksi atau perbuatan. Adalah suatu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh actor.























REFERENSI :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar