Senin, 15 Oktober 2012

Bahasa Indonesia (Paragraf)



PARAGRAF DEDUKTIF

·        Paragraf deduktif merupakan paragraph yang mengetengahkan fakta umum kemudian fakta khusus.
·        Paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf
·   Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Ciri paragraph deduktif :
§      Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa yang bersifat umum.
§        Kemudian menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus.
§        Simpulan terdapat di awal paragraf.

Jenis paragraf deduktif :

1.      Silogisme
·        Menarik simpulan khusus berdasarkan premis mayor dan minor.
·  Suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan).

Berdasarkan bentuknya, silogisme dibagi menjadi ;

o   Silogisme Kategorial : Silogisme yang semua proposisinya merupakan kategorial. Proposisi yang mendukung silogisme disebut dengan premis yang kemudian dapat dibedakan menjadi premis mayor (premis yang termnya menjadi predikat), dan premis minor ( premis yang termnya menjadi subjek). Yang menghubungkan di antara kedua premis tersebut adalah term penengah (middle term). 

o       Silogisme hipotetik adalah argumen yang premis mayornya berupa proposisi hipotetik, sedangkan premis minornya adalah proposisi katagorik

o       Silogisme alternatif adalah silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif. Proposisi alternatif yaitu bila premis minornya membenarkan salah satu alternatifnya. Kesimpulannya akan menolak alternatif yang lain.

2.    Entimen
·        Penalaran deduksi langsung
·        Silogisme ini jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam tulisan maupun lisan. Yang dikemukakan hanya premis minor dan kesimpulan.
·        Silogisme yang dipendekkan










REFERENSI:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar