Minggu, 05 Juni 2011

Khasiat Kelapa

KHASIAT KELAPA UNTUK KECANTIKAN

          Tidak hanya lezat sebagai bumbu masak, kelapa juga bagus untuk merawat kecantikan serta kesehatan kulit dan rambut. Tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat, airnya pun berguna. Berikut manfaat yang bisa di dapat dari daging buah dan air kelapa untuk menjaga kecantikan :

·         MENCEGAH DAN MENGOBATI UBAN

          
Stres, penggunaan shampoo yang mengandung bahan kimia dan sebagainnya adalah dua di antara penyebab munculnya uban di usia muda. Dengan kelapa, pemunculan uban yang lebih dini bisa ditunda. Jika sudah terlanjur, maka kelapa ini bisa mengurangi area rambut yang beruban.

Caranya :

Ambil setengah butir kelapa tua dan air kelapa itu sendiri. Parut kelapa dan peras menggunakan air kelapa untuk diambil santannya. Tambahkan garam secukupnya dan aduk merata. Embunkan semalaman di luar rumah. Ambil santan dan oleskan ke bagian rambut yang beruban sambil dipijat ringan. Biarkan 10-15 menit dan cuci bersih. Gunakan tiga hari sekali.

·         MENGHALUSKAN TUMIT PECAH-PECAH 

          
Minyak kelapa bisa digunakan untuk menghaluskan tumit pecah atau bagian telapak kaki yang biasanya kasar karena sering bergesekan dengan lantai atau tanah.

Caranya :
 
Ambil satu sendok minyak kelapa dan campurkan dengan petroleum jelly (Vaseline). Sebelum tidur, oleskan ke bagian tumit yang pecah-pecah dan telapak kaki yang kasar secara merata. Setelah itu kenakan kaos kaki, agar minyak tidak menempel di sprei.
Keesokan harinya, bersihkan dengan air bersih dan oleskan hand body lotion. Lakukan setiap malam. Lambat laun tumit yang pecah-pecah akan kembali utuh dan telapak kaki yang kasar juga menjadi halus.

 ·         MENGHILANGKAN KETOMBE

         
Air kelapa yang mengandung tannin, merupakan anti bakteri dan vitamin C yang bisa menghilangkan ketombe. Dipadu dengan nanas dan jeruk nipis, ramuan ini pun menjadi lebih sempurna.

Caranya :
          
Ambil setengah butir kelapa tua dan seperempat nanas mengkal. Parut keduanya dan ambil airnya. Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan satu setengah gelas air kelapa hingga merata, biarkan selama 15 menit. Cuci hingga bersih dan gunakan satu minggu sekali.

·         MENGURANGI MINYAK PADA WAJAH
         

Produksi minyak berlebih di wajah membuat riasan cepat luntur. Selain itu kulit berminyak juga membuat penampilan menjadi lusuh. Daging klapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah.

Caranya :
          
Ambil satu buah kelapa dan parut. Tambahkan sedikit air agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah, kecuali area mata. Untuk mata, tempelkan irisan mentimun. Biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.

·         MELEMBABKAN RAMBUT
         

Memiliki rambut kering atau berminyak sama-sama tidak menyenangkan. Sebab, rambut kering menjadi mudah patah, sedangkan rambut berminyak mudah kotor dan lepek. Untuk mengatasinya, rambut harus dilembabkan. Air kelapa juga bisa digunakan untuk melembabkan rambut. Kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus melembabkan rambut.

Caranya :
          
Ambil air dari satu butir kelapa yang tidak terlalu tua. Masukkan air kelapa ke dalam air dengan perbandingan satu banding satu. Basuhkan ke rambut yang sudah dikeramas. Keringkan. Lakukan setiap kali keramas agar rambut lebih lembab.

·         MENYAMARKAN LUTUT DAN SIKU YANG MENGHITAM
         

Lutut dan siku mungkin menjadi area tubuh yang luput dari perhatian dan perawatan. Akibatnya kedua bagian itu menghitam, apalagi tanpa disadari, anda sering berlutut atau menyadarkan siku anda pada pegangan kursi. Sehingga lama kelamaan lutut dan siku itu akan menghitam.

Caranya :
         
Ambil jeruk lemon ukuran sedang, belah jadi dua dan ambil airnya. Sisihkan air perasan itu, karena saat ini yang anda butuhkan adalah lemonnya. Teteskan setengah sendok teh minyak kelapa ke lemon, lantas usap perlahan namun berulang ke bagian lutut dan siku yang menghitam, sambil digosok secara lembut. Lakukan berkali-kali sampai lemon dan minyak kelapa habis, lantas bersihkan. Lakukan setiap hari sampai warna hitamnya memudar.

Apa sajakah manfaat minyak kelapa untuk kecantikan perempuan ???

1. Mengatasi penyakit kulit


Berbagai kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri dapat disembuhkan dengan minyak kelapa. Zat antibakteri dalam minyak kelapa mampu membasmi jamur dan memelihara kulit yang sehat dan indah.

2. Mengatasi bau badan

Masalah aroma badan khususnya di ketiak sering dikaitkan dengan bakteri dan jamur karena keringat. Minyak kelapa bisa menyingkirkan keberadaan bakteri ini dan membuat bau badan menghilang. Plus, minyak kelapa juga mengembalikan warna alami ketiak jika digunakan secara rutin.

3. Mengatasi kulit dan bibir kering




Kulit kering karena udara dingin bisa diatasi dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung zat pelembap yang dapat memasuki jaringan kulit. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki partikel berukuran kecil sehingga dapat bercampur dengan minyak alami dari kulit sehingga memfasilitasi penyerapan.

4. Mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Oleskan minyak kelapa setelah mandi, terutama di daerah terkena sinar matahari.

5. Penghapus riasan



Riasan pada mata tak boleh dibersihkan sembarangan karena kulit di sekitar mata yang sangat sensitif. Gunakan minyak kelapa dan kapas kemudian gosok dengan lembut riasan mata. Riasan akan bersih sempurna.




         




Tidak ada komentar:

Posting Komentar