Jumat, 01 April 2011

Sepeda Fixie

Fixie

Pada prinsipnya sepeda Fixie adalah sepeda dengan ‘gear mati’ alias Fixed Gear alias tidal free wheel. Sepeda Fixie identik dengan gaya minimalis, murah dan tidak ribet. Itulah sepeda yang sedang tren dikalangan anak muda sampai pekerja.
Sepeda fixie didapatkan tidak hanya dengan membelinya di toko sepeda tetapi juga dapat di rancang sendiri. Merancang sepeda Fixie boleh dibilang gampang gampang susah, urusan komponen begitu banyak dan sebagian bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap, dapat membuat sepeda sesuka hati. Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple, tanpa gear shift bahkan handle brake (rem).
Fixie Bike, yang menggunakan Fixed Gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal atau biasa di sebut dengan sistem ‘door trape’..
Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang. (biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar).
Jika membeli jadi, menghemat waktu dan tenaga, harga tergantung hati dan budget. Harga sepeda Fixie frame lokal untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta, diatas sedikit dengan velg bagus sekitar 2 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 2.5 juta - 3 juta (sudah turun 18 Januari 2011). Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in.
Jika Merakit atau modifikasi dari sepeda bekas, yang ini lebih repot. Pertama dengan membeli rangka kosong atau polos lalu  di cat sendiri, kemudian komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Sisanya boleh di modifikasi sesuai keinginan.

Ø    Keunikan dari Sepeda Fixie
·        Velg atau Rim Fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal.


·        Urusan Stang sepeda Fixie juga unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap diantara kemacetan kendaraan.
·        Headset sepeda Fixie. Satu komponen penting untuk sepeda Fixie adalah bagian Headset. Bagian ini sebagai penghubung frame dan fork / garpu depan sepeda fixie. Agar awet sebaiknya mengunakan tipe bearing. Harganya jauh lebih mahal, sekitar 250 ribu dari produk Token.



·        Bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot kebelakang maka sepeda akan mundur J
·        Ban sepeda fixie. akan terlihat modis, maka warna ban mengikuti warna sepeda sehingga matching. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hyrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 - 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, buatan tanpa merek hanya puluhan ribu saja. Tapi untuk model bermerek terkenal bisa melampung diatas 125 ribu dari produk CST tipe Wireband.



·        Gaya minimalis. Sepeda Fixie memang ringan. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar