Minggu, 10 April 2011

Perdagangan Internasional

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

v    PERDAGANGAN INTERNASIONAL
             
              Saat ini, hampir tidak ada negara yang mampu memenuhi semua kebutuhannya tanpa mengimpor barang/jasa dari negara lain. Hampir sebagian besar barang-barang elektronik di sekitar kita didatangkan dari luar negeri.

v    MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL
         
          Perdagangan internasional memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dunia. Melalui perdagangan internasional, setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, tetapi cukup memproduksi barang yang paling efisien dibanding negara lain. Perdagangan internasional juga memungkinkan rakyat negara tersebut memperoleh barang konsumsi yang tidak ada di negara mereka.

v    FAKTOR PENDORONG PERDAGANGAN INTERNASIONAL

·        Keanekaragaman Kondisi Produksi
Keanekaragaman kondisi produksi merujuk kepada potensi factor-faktor produksi yang dimiliki oleh suatu negara.

·        Penghematan Biaya Produksi / Spesialisasi
          Apabila suatu negara berspesialisasi dengan memproduksi barang tertentu dan mengekspornya, biaya produksi rata-ratanya akan turun.

·        Perbedaan Selera
Meskipun kondisi produksi di semua negara adalah sama, namun setiap negara mungkin akan melakukan perdagangan jika selera mereka berbeda. Karena jumlah orang puas dihasilkan karena seleranya terpenuhi.


v   KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL
      
          Kebijakan perdagangan internasional setiap negara mungkin berbeda dengan negara lain. Sejumlah negara memilih menjalankan kebijakan perdagangan bebas (free trade), tetapi ada pula yang memilih menjalankan kebijakan perdagangan proteksi dan ada pula yang memilih gabungan keduanya.

v   PEMBAYARAN INTERNASIOAL

·       Devisa dan Fungsi Devisa

          Devisa adalah kekayaan suatu negara dalam bentuk mata uang asing yang berguna sebagai alat pembayaran internasional. Devisa dapat terdiri dari uang kertas asing, wesel, cek, dsb. Devisa dapat dibedakan menjadi devisa umum, yaitu diperoleh dari perdagangan antarnegara, antara lain dari hasil penjualan ekspor barang, transaksi jasa, dan transfer uang dari luar negeri, serta devisa kredit, yaitu diperoleh dari luar negeri berupa pinjaman, hibah, dan bantuan dari luar negeri dan harus dikembalikan pada waktu yang telah ditetapkan.

          Secara umum, fungsi dan tujuan penggunaan devisa adalah sebagai berikut :

1.   untuk menghitung kemampuan membayar pembayaran internasional.
2.   untuk mengetahui kondisi moneter pada saat itu.
3.   untuk menstabilkan nilai mata uang rupiah.
4.   sumber pembiayaan untuk mendorong pembangunan ekonomi.
5.   untuk mendukung tercapainya stabilitas moneter.
6.   untuk membayar utang luar negeri.

·       Sumber devisa suatu negeri antara lain :

1.   Transaksi Barang
  
   Adalah pengiriman barang ke luar wilayah Indonesia dalam rangka mengelola perdagangan.

2.   Transaksi Jasa

Adalah pemberian jasa-jasa ke luar negeri, antara lain jasa TKI, jasa transportasi dan jasa pariwisata.

3.   Transfer Penghasilan
  
   Berupa transfer penghasilan tenaga kerja Indonesia di luar negeri ke Indonesia.

4.   Transaksi Modal / Keuangan

   Adalah penjualan aktiva tetap maupun surat-surat berharga.


·        Cara Pembayaran Internasional
  
1.   Cash Payment. Pembayaran secara tunai (cash) biasa dilakukan oleh eksportir yang belum mengenal importir atau kurang percaya akan bonafiditas importir.

2.   Open Account. Merupakan kebalikan dari pembayaran cash. Melalui open account, barang telah dikirim kepada importir tanpa disertai surat perintah membayar serta dokumen-dokumen. Pembayaran dilakukan setelah beberapa waktu atau terserah kebijakan importir.

3.   Letter of Credit. Adalah sebuah instrument yang dikeluarkan oleh Bank atas nama salah satu nasabahnya, yang menguasakan seseorang atau sebuah perusahaan penerima tersebut menarik wesel atas Bank yang bersangkutan.

4.   Commercial Bills of Exchange. Cara pembayaran yang paling umum. Yaitu surat yang ditulis oleh penjual yang berisi perintah kepada pembeli untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu dimasa datang.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar