Minggu, 23 Oktober 2011

Koperasi (BAB IV)

A.     PENGERTIAN BADAN USAHA
Badan usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelola faktor-faktor produksi.
Badan Usaha yaitu suatu organisasi yang mengkombinasikan dan mengorganisasikan sumber daya untuk tujuan produksi atau menghasilkan barang-barang dan jasa untuk di jual .

 

·  Jenis-Jenis Badan Usaha di Indonesia

1.      Koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan.

 

2.      BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian permodalannya dimiliki oleh Pemerintah. Status pegawai badan usaha tersebut adalah karyawan BUMN bukan pegawai negeri. BUMN sendiri sekarang ada 3 macam yaitu Perjan, Perum dan Persero.

·        Perjan

Perjan adalah bentuk badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah. Perjan ini berorientasi pelayanan pada masyarakat, sehingga selalu merugi. Sekarang sudah tidak ada perusahaan BUMN yang menggunakan model perjan karena besarnya biaya untuk memelihara perjan-perjan tersebut. Contoh Perjan: PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) kini berganti menjadi PT.KAI
·        Perum
Perum adalah perjan yang sudah diubah. Tujuannya tidak lagi berorientasi pelayanan tetapi sudah profit oriented. Sama seperti Perjan, perum di kelola oleh negara dengan status pegawainya sebagai Pegawai Negeri. Namun perusahaan masih merugi meskipun status Perjan diubah menjadi Perum, sehingga pemerintah terpaksa menjual sebagian saham Perum tersebut kepada publik (go public) dan statusnya diubah menjadi persero.

 

·        Persero

Persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Berbeda dengan Perum atau Perjan, tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum. Modal pendiriannya berasal sebagian atau seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham-saham. Persero dipimpin oleh direksi. Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta. Badan usaha ditulis PT < nama perusahaan > (Persero). Perusahaan ini tidak memperoleh fasilitas negara. Jadi dari uraian di atas, ciri-ciri Persero adalah:
-          Tujuan utamanya mencari laba (Komersial)
-          Modal sebagian atau seluruhnya berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan yang berupa saham-saham
-          Dipimpin oleh direksi
-          Pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta
-          Badan usahanya ditulis PT (nama perusahaan) (Persero)
-          Tidak memperoleh fasilitas negara
Contoh perusahaan yang mempunyai badan usaha Persero antara lain:
-          PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
-          PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
-          PT Garuda Indonesia (Persero)
-          PT Angkasa Pura (Persero)
-          PT Perusahaan Pertambangan dan Minyak Negara (Persero)
-          PT Tambang Bukit Asam (Persero)
-          PT Aneka Tambang (Persero)
-          PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)
-          PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)
-          PT Pos Indonesia (Persero)
-          PT Kereta Api Indonesia (Persero)
-          PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)

 

B.     KOPERASI SEBAGAI BADAN USAHA
            Koperasi adalah badan usaha (UU No. 25 tahun 1992), sabagai badan usaha koperasi tetap tunduk pada kaidah-kaidah dan prinsip-prinsip ekonomi yang berlaku .
Ciri utama koperasi yg membedakannya dengan badan usaha lainnya (nonkoperasi) adalah anggotanya . Dalam UU No.25 tahun 1992 tentang koperasi disebutkan bahwa, anggota koperasi adalah pemilik dan sekaligus pengguna jasa koperasi 
            Koperasi sebagai salah satu tiang penyangga perekonomian nasional selain Badan Usaha Milik Negara (BUMN/D). Maka koperasi sebagai badan usaha dan sekaligus lembaga ekonomi yang mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang memiliki nilai jati diri yang berbeda dengan organisasi ekonomi lainnya, maka koperasi diharapkan juga mmapu berperan aktif sebagai lembaga yang dapat melaksanakan fungsi-fungsi sosialnya.
            Untuk itu koperasi sebagai lembaga ekonomi yang bergerak dibidang sektor riil dan informasi dituntut dapat berkiprah didalam aneka usaha bisnisnya secara profesional dalam bingkai yang rasional sehingga koperasi diharapkan tetap eksis, karena kehadirannya sangat memberi arti bagi anggota dan masyarakat umum disekitarnya karena tumbuh dan berakar pada masyarakat.


C.     TUJUAN DAN NILAI KOPERASI
            Tujuan koperasi diantaranya adalah :
-          Memaksimalkan keuntungan (Maximize Profit), yang berarti segala kegiatan yang dilakukan untuk mencapai keuntungan.
-          Memaksimalkan nilai perusahaan (Maximize The Value of The Firm), yaitu membuat kualitas perusahaan bernilai tinggi dan mencapai tingkat maximal sesuai dari kriteria nilai perusahaan itu sendiri.
-          Meminimumkan biaya (Minimiza Cost), artinya segala sesuatu yang dilakukan agar hasil maksimal dan keuntungan besar harus dengan meminimalkan segala biaya-biaya untuk sesuatu yang terbaik.
            Adapun nilai yang dimiliki koperasi, yaitu :
-          Nilai Egaliterian
-          Nilai Kesamaan
-          Peduli terhadap sesama dan kemandirian
-          serta Nilai Kolevitisme yang tercermin dengan budaya gotong royong.


D.    TUJUAN PERUSAHAAN KOPERASI
            Sebagai perusahaan atau badan usaha tidaklah semata-semata hanya pada orientasi laba (profit oriented), melainkan juga pada orientasi manfaat ( benefit oriented). Oleh karena itu, dalam banyak kasus koperasi, manajemen koperasi tidak mengejar keuntungan sebagai tujuan perusahaan karena mereka bekerja didasari dengan pelayanan (service at cost). Untuk koperasi di Indonesia, tujuan badan usaha koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya (UU No. 25.1992 Pasal 3). Tujuan ini dijabarkan dalam berbagai aspek program oleh manajemen koperasi pada setiap rapat anggota tahunan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar