Sabtu, 08 Januari 2011

Bisnis di Indonesia

Bisnis Ice Cream ..



Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam kawasan tropis dengan hawa yang relatif cukup panas. Sebagian orang barangkali mengeluhkan panasnya cuaca ini. Namun bagi seorang pengusaha sebuah halangan seperti ini malah bisa merupakan sebuah peluang bisnis baru.
Apa yang umumnya dicari orang saat suasana panas? Tidak lain adalah tempat yang nyaman dilengkapi minuman yang dingin. Es Krim (Ice Cream) adalah salah satu dari sekian banyak jenis minuman yang disukai orang saat panas. Bisnis es krim adalah bisnis yang menjanjikan banyak keuntungan di Indonesia yang beriklim panas ini.

Bisnis es krim, peluang bisnis yang menggiurkan untuk kawasan tropis. Berdasarkan perhitungan kasar BEP atau balik modal di bisnis ini sekitar 1 tahun bila diukur dengan investasi mesin es krim standar, sebab pembelian mesin es krim serta perangkat penyimpanan (refrigerator/freezer) merupakan investasi terbesar bisnis ini.

Pengelolaan bisnis es krim juga sangat mudah. Iklim Indonesia yang tropis, sangat cocok untuk usaha ini. Apalagi di daerah yang agak panas, bisnis es krim tentu sangat menjanjikan.

Untuk memulai bisnis es krim, kini telah tersedia banyak macam mesin pembuat es krim yang bisa anda temui di pasaran. Baik soft ice cream, maupun hard ice cream (sejenis es puter / putar).
Ada beberapa jenis mesin yang dapat kita temukan untuk memulai bisnis ice cream ini diantaranya :
• Mesin Soft Ice Cream
• Mesin Ice Cream
• Egg Roll
Cukup dengan membawa mesin es krim di tempat keramaian, maka bisnis es krim Anda akan menuai hasil. Tempat-tempat keramaian yang bisa untuk berjualan es krim antara lain :
• Pusat Perbelanjaan / Mall
• Sarana Rekreasi
• Pusat Hiburan (Bioskop, pasar malam, dll)
• Sekolah atau Kampus
• Sarana Olahraga
• Pasar
• dll.
Karena bisnis es krim bukanlah ide bisnis yang baru sudah barang tentu anda harus bersaing dengan pemain yang sudah ada. Hal yang mesti anda perhatikan dalam persaingan ini adalah pertama, anda mesti membuat perbedaan / ciri khas pada bisnis es krim anda. Kedua, anda mesti memikirkan strategi promosi / pemasaran yang tepat. Misalnya dengan turut serta mendirikan booth/stand dalam event-event seperti pameran, acara sekolah, universitas, dan lain-lain. Tanpa promosi yang agresif produk es krim anda yang memiliki ciri khas sekalipun tidak akan banyak dikenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar